Laman

Minggu, 23 Januari 2011

CAD, CAM, CAE

Online Job for All

mechanic engineer

Desain dibantu komputer (CAD) adalah penggunaan teknologi komputer untuk membantu dalam perancangan dan khususnya rancangan (teknis menggambar dan menggambar teknik) atau bagian dari produk, termasuk seluruh bangunan. Adalah baik visual (atau gambar) dan simbol berbasis metode komunikasi yang merupakan konvensi khusus untuk bidang teknis tertentu.

Drafting dapat dilakukan dalam dua dimensi ( "2D") dan tiga dimensi ( "3D").
Drafting adalah komunikasi teknis atau gambar teknik dan seni adalah industri sub-disiplin yang terlibat underlies semua upaya teknis. Mewakili dalam kompleks, ben da tiga dimensi dalam dua dimensi gambar, benda ini sudah ada secara tradisional diwakili oleh tiga diproyeksikan dilihat di sudut kanan.

CAD (Computer Aided Design) adalah pembuatan disain produk dengan menggunakan bantuan komputer. Dengan bantuan komputer dapat dibuat gambar disain dengan mudah serta perhitungan penggunaan bahan, daya tahan produk, dan informasi lain yang berhubungan dengan desain produk yang dibuat.

CAM (Computer Aided Manufacturing) adalah penggunaan komputer untuk merencanakan, mengatur, dan mengontrol kerja mesin, alat-alat, dan arus produk dalam proses produksi.

Dibantu komputer-teknik (sering disebut sebagai Cae) adalah penggunaan teknologi informasi untuk mendukung tugas-tugas teknisi di seperti analisis, simulasi, desain, manufaktur, perencanaan, diagnosa, dan perbaikan.

Perangkat lunak yang telah dikembangkan untuk mendukung kegiatan tersebut dianggap Cae alat. Cae alat yang digunakan, misalnya, untuk menganalisis dan kesegaran performa komponen dan secara perlahan. Istilah meliputi simulasi, validasi, dan optimalisasi produk dan alat-alat produksi. Di masa mendatang, sistem Cae akan besar penyedia layanan informasi untuk membantu mendukung desain tim dalam pengambilan keputusan.

Dalam hal jaringan informasi, sistem Cae individual dianggap satu total node pada jaringan informasi dan Mei setiap node dengan node lain pada jaringan.

Cae sistem dapat memberikan dukungan kepada usaha. Hal ini dicapai dengan menggunakan referensi arsitektur dan kemampuan mereka untuk menempatkan informasi dilihat pada proses bisnis. Referensi arsitektur adalah dasar dari informasi yang model, terutama produk manufaktur dan model.

Istilah Cae juga telah digunakan oleh beberapa di masa lalu untuk menjelaskan penggunaan komputer dalam rekayasa teknologi dalam arti yang lebih luas dari sekedar teknik analisis. Itu dalam konteks ini adalah bahwa istilah coined oleh Dr Jason Lemon, pendiri SDRC pada akhir 70-an. Namun definisi ini adalah hari ini lebih dikenal dengan istilah CAx dan PLM.

Arti istilah Computer Aided Engineering dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Disingkat dengan CAE, adalah pelengkap CAD dalam dunia konstruksi. Mengkonstruksi suatu produk tidak hanya menggambar sebuah ide. Ide tersebut harus juga dihitung ketahanannya secara mekanika - statis, dinamis atau thermal - juga karakteristik lainnya seperti akustis. Aplikasi CAD/CAE lengkap yang dipakai perusahaan besar di antaranya IDEAS (Ford), Pro/Engineer (Siemens) dan CATIA (Daimler-Chrysler). Kebanyakan program ini dijalankan di komputer berbasis Unix. Tapi belakangan ada juga versi Windows NT-nya.

Komputer dibantu manufaktur (CAM) adalah penggunaan komputer berbasis perangkat lunak yang membantu machinists dan teknisi di pabrik atau prototyping komponen produk. CAM is a programming tool yang memungkinkan untuk pembuatan model fisik menggunakan desain dibantu komputer (CAD) program. CAM menciptakan kehidupan nyata versi komponen dirancang dalam paket perangkat lunak. CAM pertama kali digunakan pada tahun 1971 untuk mobil dan desain hiasan yg dibuat dgn alat tubuh.
Komputer dibantu manufaktur (CAM) adalah penggunaan komputer berbasis perangkat lunak yang membantu machinists dan teknisi di pabrik atau prototyping komponen produk. CAM is a programming tool yang memungkinkan untuk pembuatan model fisik menggunakan desain dibantu komputer (CAD) program. CAM menciptakan kehidupan nyata versi komponen dirancang dalam paket perangkat lunak. CAM pertama kali digunakan pada tahun 1971 untuk mobil dan desain hiasan yg dibuat dgn alat tubuh.
Computer Integrated Manufacturing (CIM) dalam rekayasa adalah metode produksi di mana keseluruhan proses produksi dikendalikan oleh komputer. Biasanya, ia bergantung pada yang ditutup-loop proses kontrol, berdasarkan real-time input dari sensor. Ia juga dikenal sebagai manufaktur dan desain fleksibel.

Certificate Program in Computer Assisted Manufacturing dirancang bagi mereka yang memiliki dasar menggambar dan pengalaman yang ingin mengembangkan pengetahuan dalam industri terbaru standar CAD software aplikasi yang digunakan hari ini. Program ini dalam program sertifikat ini juga dapat diterapkan terhadap UMass Lowell dari Gelar Sarjana di bidang Teknik Mesin Teknologi.
CAD/CAM didefinisikan sebagai Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing. Teknologi yang digunakan adalah komputer Digital yang pada akhirnya difungsikan sebagai desain dan produksi.
CAD diartikan sebagai aktifitas desain yang melibatkan pengurangan komputer secara efektif untuk menciptakan dan melakukan pembahasan Engineering Design. Sedangkan CAM dapat didefisinikan sebagai penggunaan yang efektif dari teknologi komputer dalam majemen, kontrol dan operasi dari fasilitas manufacturing yang diantarai oleh komputer secara langsung maupun tidak langsung dengan fisik dan sumber daya manusia dari perusahaan.

2 komentar:

  1. om punya buku cad cam berbahasa indonesia or inggris?
    tolong sms saya 085697745081 (rizky)
    lagi skripsi nih :(

    BalasHapus