Cari Blog Ini

Minggu, 23 Januari 2011

5 R ( Rajin, Rawat, Ringkas, Resik, Rapih )

Online Job for All

mechanic engineer
A. pengertian

5R adalah tehnik untuk menjaga mutu lingkungan dalam sebuah perusahaan atau institusi dengan cara mengembangkan keterorganisirannya.

B. Background
Hambatan - Hambatan di Tempat Kerja
1. Hambatan Fisik Kelancaran Operasional :
a. Karena Terlalu Banyak Barang di
Tempat Kerja
b. Karena Barang Hilang atau Rusak
c. Karena Tidak Terpelihara & Kotor
2. Kemacetan Peralatan Mendadak
3. Kerancuan Prosedure
4. Cacat Pemrosesan dan Kesalahan Kerja
5. Pindah Memindahkan Barang
6. Pola Tindak Yang tidak di Perhatikan Karena Tidak Disiplin

Dampak Negatif Hambatan tsb:
1. Lingkungan Kerja Tidak Teratur, Kotor & Jorok
2. Potensi Terjadinya Kecelakaan Tinggi
3. Semangat Kerja Karyawan Rendah
4. Prduktivitas Kerja Karyawan Rendah
5. Kemauan Karyawan Untuk Sukses sangat Rendah
6. Tidak Ada Rasa Memiliki
7. Kepercayaan Pelanggan akan Turun

*) 5 Langkah Peningkatan Kondisi Tempat Kerja (5 R):
Rapih  Seiton
Resik  Seiso
Ringkas  Seiri
Rawat  Seiketsu
Rajin  Shitsuke

Untuk Mencapai
Secara Praktis adalah :
1. Perencanaan
2. Perbaikan
3. Evaluasi
4. Tindakan Lebih Lanjut

Sasaran 5R :
Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Baik (Indah, Nyaman & Aman).
Usaha Untuk Mencapai Disiplin Kerja Yang Tinggi.
Disiplin adalah Dasar Dari Segala Kegiatan
Untuk Mewujudkan Disiplin Yang Tinggi di Mulai Dari diri Kita Sendiri
Tolak Ukur Dari Disiplin, Dapat Dilihat Dari Kondisi Orang Yang Bersangkutan & Lingkungannya.
Kepercayaan / Kepuasan Pelanggan

a. Ringkas
Memisahkan Barang Yang Perlu Dengan Yang Tidak Perlu.
Menyingkirkan Barang- Barang Yang Tidak Perlu Dari Tempat Kerja.

Aktifitas RINGKAS
1. Pisahkan dengan jelas barang yang perlu dan yang tidak perlu.
2. Barang yang jarang di pakai adalah barang yang tidak di perlukan.
3. Jika sukar menentukan barang di perlukan atau tidak, maka singkirkan barang tersebut untuk waktu tertentu dan tempat tertentu dan berikan keterangan warna pada benda atau barang tersebut.
4. Manfaatkan ruangan yang tidak terpakai atau siapkan tempat untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Manfaat RINGKAS :

1. Efisiensi Tempat Kerja
2. Mempermudah Kontrol
3. Mempermudah Perawatan
4. Produktif  Kerja Leluasa

b. RAPI

1. Menempatkan / menata barang pada tempat yang paling tepat.
2. Ada tempat tertentu untuk tiap barang supaya mudah dan cepat di temukan & di pakai,
3. Mudah menyimpan kembali serta tidak ada barang yang tercecer.
4. Memberi tanda, petunjuk, alamat, & batas.
5. Perioritas pendekatan :
~ Selalu di Pakai
~ Sering di Pakai
~ Jarang di Pakai

Aktifitas Rapi :

1. Tempatkan barang Pada Tempatnya
2. Membuat Petunjuk ( Nama Barang, Nomor / Kode Barang, Jumlah, dll )
3. Membuat garis Pemisah, Alamat, Tanda dll
4. Barang Yang Selalu, Sering di Pakai di Letakkan Pada Tempat Yang Jelas Agar Mudah di Ambil.
5. Letakkan Papan Petunjuk Untuk Pemesanan ( No, Nama Barang, Jumlah, dll ).

Manfaat Rapi :

1. Mempercepat Pengambilan Barang
2. Mengurangi Muda Gerak
3. Mengurangi Resiko Kehilangan / Kesalahan
4. Menghilangkan Ketidak Pastian Peletakan.

c. Resik ( Memeriksa )

Lingkungan Kerja Yang Tidak Bersih ( Banyak Kotoran,Debu,dll ) Dapat Menimbulkan :
1. Kerusakan Pada Mesin
2. Kecelakaan
3. Rendahnya Efisiensi

Aktifitas Resik :

1. Selalu Bersihkan : Lantai, Dinding, Langit-Langit, dll.
2. Lakukan Pengecatan Ulang : Lantai, Dinding, Langit-Langit, dll.
3. Pasang Penerangan Yang Cukup.
4. Lakukan Usaha Pencegahan Timbulnya Kotoran :
~ Dengan Patrol Check
~ Dengan Pangisisan Check Sheet.

Manfaat Resik :

1. Menjaga Keselamatan & Kesehatan Kerja.
2. Membuat Tempat Kerja Yang Indah & Nyaman.
3. Mencegah Kerusakan Alat Maupun Benda Kerja.
4. Meningkatkan gairah Kerja.

d. Rawat

Pengertian Rawat adalah :
Menjaga / Merawat Alat Kerja, Material, Lingkungan Agar Tidak Hilang, Rusak atau Tidak Siap Pakai.

Aktifitas Rawat :

1. Menyediakan Sarana Yang di Perlukan
2. Lakukan Pemeriksaan Secara Berkala
3. Buat Standar Nilai
4. Melaksanakan "Kaizen".

Manfaat Rawat :

1. Menjaga Alat Agar Selalu Siap Pakai
2. Menjaga Kualitas Hasil Kerja
3. Mencegah Pekerjaan "MUDA" Terus Berulang.

e. Rajin

Pengertian Rajin Adalah : Mengembangkan & Mempertahankan Kebiasaan Positif Agar "Ringkas, Rapi, Resik & Rawat" Tetap Terlaksana Dengan Baik.

Aktifitas Rajin :

Jaga Semua Yang Sudah : Ringkas, Rapi, Resik & Rawat Seperti yang Sudah Baik, Seperti :
1. Mematuhi Peraturan Yang Telah di Tetapkan Dalam : Ringkas, Rapi, Resik & Rawat.
2. Melakukan Kontrol Secara Berkala Ke Wilayah Pekerjaan & Sekitarnya.
3. Mengambil Suatu Tindakan, Apabila :
~ Ada Penyimpangan dalam Kegiatan 4R.
~ Ada Kondisi Yang Abnormal Pada : Lingkungan, Alat, Material, dll.

Manfaat rajin :
1. Tak ada yang sulit untuk dijalani
2. Beban Itu aktifitas
3. Bisa karena terbiasa menjalaninya
4. Tepat pada waktunya

KESIMPULAN :
Jelaslah bahwa 5R adalah perangkat yang dapat meningkatkan mutu produk dan tempat kerja. Namun demikian, proses ini tidak mudah untuk diterapkan. Proses ini membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh dan komitmen dari seluruh staff dan juga manajemen. Jika mereka tidak mematuhi aturan, hasilnya akan tidak memuaskan dan kita akan kembali kepada kebiasaan kita yang lama.

1 komentar: